Wednesday, March 4, 2009

KEBANJIRAN IKAN


Kejadian bodoh. Beli ikan kebanyakan. Mau diapain coba?Gara-garanya pas di pasar, dengan keterbatasan bahasa kanton, gw sok-sok nanya harga. Biasanya gw kalo belanja mesti ke supermarket, karena gak pake acara telekomunikasi. Tinggal ambil trus bayar. Dan kalo ke pasar, biasanya gw ngerti apa yang diomongin si penjual, tp gak tau deh hari ini emang lagi bolot kayaknya.
Gw: "Bang, ini ikan berapa harganya?" Sambil nunjuk sekumpulan ikan. Ikannya udah diwadahin piring aluminium. Tiap-tiap piring kira-kira ada 10 ekor ikan (gw gak tau jenisnya)panjangnya kurang lebih 10-18cm.
Penjual:"......10$...20$...3.....mau gak?" Gw berusaha nangkep kalimat bahasa kantonnya yang panjang, namun apa daya yang ketangkep cuman 10 dolar, 20 dolar, dan 3. Gw kaga tau apakah itu 3 kilo, 3 ons, 3 biji, atau umur gw udah kepala 3 minggu lalu..hehe..Trus gw bengong. Mikir-mikir mau beli berapa yah.
Penjual:"Mau beli berapa?...10$...20$....banyak....10$....gimana?" Waduh, belom juga kelar mencerna kalimat dia sebelumnya, gw udah ditodong kalimat baru. Dan lagi-lagi cuman ketangkep beberapa kata (kali ini tanpa 3).
Gw:"Beli mmm..20$ deh" Tebak-tebak buah manggis, sapa tau beruntung.
Si penjual tampak sumringah. Ambil kantong plastik, trus soooorr....satu pring dituang ke dalam kantong. Sooorrr...piring kedua dituang. Loh? Loh? ... Dan sorrrr...piring ketiga. Looohhhh...kok? waks! aje gile gile aje! Banyak bener nih ikan. Mau protes gw bingung nyusun kalimatnya. Ya sutralah gw bayar juga dan serah terima kantong ikan. Berat juga ternyata.
Murah sih 20$ dapet 10 x 3 piring= 30 ekor ikan. Tapi mau diapain nih ikan? Punya restoran aja kaga. Apesnya lagi, setelah sampe di rumah, gw cek satu per satu ikannya, ternyata gak semua bagus. Ada yang masih segar, setengah seger, mati kemarin, dan mati setaon yang lalu. Sialan!

No comments: