Monday, February 25, 2008

BBQ di rumah





Disebabkan kerinduan makanan Indonesia, akhirnya gw ama suami bikin acara BBQ sendiri di rumah. Di Guangzhou, acara BBQ merupakan acara yang special. Biasa diadakan di lokasi outdoor(khusus BBQ-ing)dan umumnya BBQ dilakukan beramai-ramai. Bareng ama temen-temen atau keluarga. Pokoknya, BBQ-ing disini, bukan sesuatu yang biasa. Kebalikannya, bagi orang Indo, at least buat keluarga gw deh, BBQ bukan sesuatu yang special. Bikin ayam bakar gak harus ngumpulin orang se-erte. Cukup nyokap gw sendiri yang ngebumbuin, trus nyuruh pembokat bakarin di taman. Begitu jadi, siapin aja di meja makan buat lauk makan siang/malam. Mau cumi bakar juga tinggal pergi ke kantin belakang Plaza Senayan, udah deh. Gak spesial, gak aneh-aneh. Tapi acara gw ini, teuteup dipandang aneh bagi orang Cina disini.
Maju tak gentar! Kita tetep melangsungkan acara BBQ di rumah. Dah gak inget lagi waktu dan capek. Pokoknya pengen makan ayam bakar. Jadilah malam itu, jam 10 malem sodara-sodara!, kita belanja ke supermarket beli paha ayam, ikan kuning, jagung, ama terong. Sampe di rumah udah jam 11 kurang. Sementara gw meracik bumbu, suami merakit alat BBQ-nya.
Gak ada bumbu special buat bikin 'ayam bakar indonesia' ini. Gw cuman maen feeling doang: bawang merah,bawang putih,kemiri,margarin cair: gw blender jadi satu. Gw jg siapin kecap manis cap Bango 'asli dari Jakarta' neh. Bumbu dan siap, alat panggang jg dah siap, mulai deh gw bakar-bakar. Kita disini gak punya private garden. jadi kita pilih BBQ-ing di dapur dekat teras. Gw bisa manfaatin exhaust fan di atas kompor buat nyedot asap.
Karena di Guuangzhou gw gak nemuin minyak tanah kayak di Indo, jadinya kita inisiatip pake kertas koran aja. Logikanya, koran terbakar, arang pun membara. Prakteknya, JANGAN PERNAH BAKAR AYAM DENGAN KERTAS KORAN. Hahaha...so silly. Kertas yang terbakar membuat serpihan-serpihan abu yang 'ganggu banget'. Selagi dikipas-kipasin, abunya kertas beterbangan dan nempel di permukaan ayam. Yakkkss....makan ayam bakar plus koran. Kesibukan bakar ayam teralih menjadi sibuk menyingkirkan abu-abunya kertas.
Asap juga bikin kita terganggu.Gw ma suami kelekepan ama asap. Mata perih, tenggorokan gatal, hidung tersumbat (lho?! itu kan gejala influenza?) ehhehe...gak ding, kita cuman ngerasa mata perih dan susah napas doang :) . Daripada acara BBQ gagal total gara-gara asap, so secerdas Mc Gyver(bener gak spelling-nya?) gw langsung nyamber kacamata renang gw. Hehehe...berhasil! kita berdua berhasil menyelamatkan mata kita plus menyelamatkan acara BBQ kita. hihii....i never felt so clever like this before. Alakh....

1 comment:

Titik Kartitiani said...

aduh, ini juga lucu dan rada2 romantis(walau tidak indah ya)inget dulu saking senengnya kita nempati rumah baru, pertama yg kita lakukan juga BBQ (Bakar Bakar Qsate)di dapur.Ada fotonya, cuman sayang..foto bersejarah itu ikut lenyap bersama lap top..
tapi anis dan mas dowel hebat deh, jauh dari tanah aeer..bener2 jauhhh