Monday, February 25, 2008

Language Barrier


It's quite interesting when we are talking with 4 languages in 1 group of 5 persons. Ada pengalaman gw kedatangan temen gw. Dia asal dari Yanji,salah satu kota propinsi di Cina yang berbatasan langsung ama Korea Utara. She is Chinese but she talks in both languanges, Mandarin and Korean. (Mungkin daerah Cina yang berbatasan ama Rusia juga pake bahasa Rusia kali yak). Di daerahnya, orang-orang berbahasa Korea. Sementara Mandarin jadi bahasa kedua mereka. Di pasar pun, lebih banyak ditemukan makanan Korea dibanding makanan Cina. She came with her mom and her niece. Ibunya bisa sih bahasa Mandarin tapi katanya gak fasih.
So, we all ended up in my living room. Temen gw, sangat fasih bahasa Inggrisnya(sementara gw ama suami masih tertatih- tatih hahhahaa). So, kita bertiga ngobrolnya pake bahasa Inggris. Gw ama suami pake bahasa Mandarin buat ngobrol ama ibunya dan ponakannya. Sementara mereka sendiri berkomunikasi pake bahasa Korea. Those are 3!! Plus, 1 bahasa 'ibu' kita. Seru juga dalam 5 orang ngobrol pake 4 bahasa. Si ibu, berusaha berbahasa Cina dengan kita. Dia menceritakan sesuatu yang menarik. Kita pengen tahu lebih banyak tapi kita sendiri juga ribet mau nanya. Lah wong, mengerti ceritanya aja susah benerrr. Temen gw yang bantu terjemahin..Satu hal yang menarik dari ibu ini. Dia berasa dari keluarga seorang kepala agen rahasia Cina. Dan saat Jepang menyerang Cina, ayahnya menjadi korban penculikan oleh tentara Jepang.( hmm..i will tell you this story later coz this is out of my topic heheh).
Pengalaman lain, gw pernah satu kamar ama seorang ibu asal Jepang dan seorang wanita umur 30-an asal Cina. Si orang Jepang gak lancar bahasa Cina maupun Inggris. Si orang Cina gak bisa bahasa Inggris maupun Jepang. Dan gw, bisanya cuman bahasa Inggris tapi Cina dikit-dikit. So, three of us stucked in one room for 3 days. Bayangin aja gimana kita berkomunikasi. Bener-bener kocak abisss kalo gw inget inget. Si ibu Jepang berusaha banget ngomong pake bahsa Cina. Dan kocaknya, selama dia ngomong, dia sambil mencari-cari intonasi yang benar (karena bahasa Cina punya 4 intonasi kata yg berbeda, pun berbeda arti tiap nada..mampus..de). Jadi dia ngomongnya selalu gak komplit karena udah keburu ditebak ama yang orang Cina hehhehee... Mari bermain..TEBAK KATAA!! hehe..
Language is really a big problem for me recently. Sehari-hari gw terpaksa pake bahasa Mandarin ama temen-temen Cina gw. Secara struktur, bahasa Mandarin berbeda ama bahasa Inggris dan Indonesia. Kalo menurut gw, susunan kata dalam bahasa Cina tuh sebenernya simpel, sederhana, and lugas. Cuman dipersulit ama yang namanya intonasi, datar-meninggi-merendah-meliuk. Sementara bahasa Cantonese lebih ribet lagi dengan 9 (kalo gak salah itung) intonasi yang berbeda. Mampus kan gw!! Nah, dengan segala keribetan yang sebenernya sederhana, dan kesederhanaan yang sebenernya ribet itu, gw harus berpikir keras (!!) saat gw akan menyampaikan pesan yang ada di otak gw. Perlu beberapa detik (bahkan menit) untuk mengolah pesan yang ada di otak menjadi bahasa Mandarin YANG BISA DIMENGERTI. Ironisnya, sering kali bahasa Mandarin yang udah gw usahakan sejelas mungkin, tak jua dimengerti lawan bicara gw, KARENA INTONASI GW SALAH. huhhh...capeknya.
Another problem is with my English. Setidaknya gak seburuk bahasa Mandarin gw, tapi teuteup aja menyedihkan. Kalo ada temen-temen yang orang bule pade dateng neh, busyet, rasanya hampir gak pede buat ngomong ma mereka. Ternyata bahasa Inggris juga gak mudah. Seenggaknya gw mesti berpikir beberapa saat untuk ngucapin apa yang gw maksud. Masalahnya yang ini karena kosakata gw masih "20 halaman" kamus kale. Untungnya, temen gw bisa ngerti apa yang gw omongin walo strukturnya acak-acakan. hahakkakakaa...Jadi begitulah, Indonesia-Mandarin, Indonesia-Inggris,Mandarin-Inggris, berganti-gantian mengikuti situasinya.
Last but not least, i started complaining about my Bahasa. Gile, gw kadang-kadang lupa ama kata-kata bahasa Indonesia. Gw ngerasa bahasa Indonesia gw juga mengalami degradasi. Menjadi standar banget. Pernah suatu saat gw ngobrol ama suami, dan seketika itu juga gw lupa gw mesti ngomong apa karena gw gak bisa nemuin kata yang gw cari. Menyedihkan!!! Degradasi otak nih..

1 comment:

miss_e said...

Ciao Anis!!akhirnya gw nyampe jg di blog elo..
situasi yang kocak tapi seru yah,hehehe,jadi sekarang udah bisa berapa bahasa nis???